Kantor Polres Didatangi Masa  

Diposting oleh Aria Junaidi

Kantor Kepolisian Rasor Aceh Besar didatangi massa yang mengaku berasal dari kawasan Kecamatan Indrapuri dan Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar. Mereka menuntut polisi membebaskan rekan mereka dan satu truk pengangkut kayu beserta muatannya. Perwakilan masyarakat, Dalin, Rabu (4/6) dinihari tadi mengatakan, kayu tersebut milik warga dan digunakan untuk membantu kehidupan anak yatim. "Media tulis saja kayu-kayu itu milik anak yatim. Cukup," kata Dalin, yang juga merupakan anggota Komite Peralihan Aceh.
Ratusan massa mendatangi kantor Polres Aceh Besar untuk mendesak pihak berwajib membebaskan rekan mereka. menggunakan belasan kendaraan roda empat, di antaranya truk bak terbuka, dan sepeda motor, mereka mendatangi kantor polisi itu. Polres sendiri meminta bantuan Satuan Brigade Mobil Polda NAD dan anggota Komando Rayon Militer setempat. Meski demikian, tidak terjadi bentrok dikedua pihak.
Kepala Polres Aceh Besar Ajun Komisaris Besar Susilo Teguh Raharjo mengatakan, pihaknya menahan truk kayu tersebut karena tidak memiliki surat dokumen kepemilikan kayu yang sah. ketika ditangkap, sopir truk beserta awaknya tidak bisa menunjukkan surat keterangan asal usul hasil hutan. "Karena itu alat angkut dan seluruh isi serta awaknya dibawa ke sini untuk diperiksa," kata Susilo.
Mantan Wakil Kepala Kepolisian Kota Besar Banda Aceh ini mengatakan, pihaknya semula tidak memfokuskan diri mengejar truk tersebut. Polisi mendapatkan laporan dari warga mengenai adanya lokasi pembuatan minuman keras. "Lokasi itu sebenarnya yang dituju. Tapi, ditengah jalan, petugas menemukan truk itu dan memeriksanya," kata Susilo.
Ditambahkan, saat ini Polda NAD sedang melakuka operasi babat rencong untuk menanggulangi masalah pembalakan liar yang ada di Aceh. Setelah melakukan negosiasi dengan beberapa anggota perwakilan massa, Polres akhirnya membebaskan sopir dan awaknya serta melepaskan truk pengangkut kayu itu. Menurut Susilo, statusnya adalah pinjam barang bukti. "Tapi dia bersedia untuk dipanggil sewaktu-waktu bila kami memanggil dan memeriksa," katanya.Sementara, ratusan batang kayu yang sempat diangkut oleh truk tetap ditahan di kantor polres untuk dijadikan barang bukti.

This entry was posted on 11.40 and is filed under .